Cara Mudah Membobol Password Bios

Mungkin anda pernah membuka Bios tetapi Bios terpassword. Password BIOS memang sangat berguna untuk melindungi komputer supaya tidak ada orang lain yang dapat mengganti konfigurasinya. Tapi password tersebut bisa menjadi malapetaka jika Anda lupa. Nah, jika Anda lupa password BIOS Anda, di bawah ini kami tampilkan default password yang aslinya memang disediakan oleh pembuatnya untuk mengantisipasi kejadian password yang terlupakan. Yang perlu Anda lakukan adalah mencoba satu per satu password tersebut sampai Anda menemukannya.


Berikut ini langkah-langkah membobol password BIOS :

1. Standar BIOS backdoor password
Dengan cara mengetikan password menurut nama pembuatnya (coba salah satu, dan perhatikan besar kecilnya huruf) sebagai berikut:

AWARD BIOS
01322222, 589589, 589721, 595595, 598598, AWARD SW, AWARD_SW, Award SW, AWARD PW, _award, awkward, J64, j256, j262, j332, j322, HLT, SER, SKY_FOX, aLLy, aLLY, Condo, CONCAT, TTPTHA, aPAf, HLT, KDD, ZBAAACA, ZAAADA, ZJAAADC, djonet.

AMI BIOS
AMI, A.M.I., AMI SW, AMI_SW, BIOS, PASSWORD, HEWITT RAND, Oder

PHOENIX BIOS
BIOS, CMOS, phoenix, PHOENIX

Jika cara di atas gagal, password lain yang bisa dicoba (untuk AMI, AWARD, Phoenix atau BIOS lainnya) adalah: LKWPETER, lkwpeter, BIOSTAR, biostar, BIOSSTAR, biosstar, ALAFAROME, Syxz, Wodj

2. Membuka BIOS Melalui Software
Bila cara yang di atas gagal, Anda bisa membuka password bios dengan menggunakan utility DEBUG dari MSDOS. Sebaiknya Anda mengerjakannya dalam mode MSDOS murni, bukan dari MSDOS shell dalam Windows. Setelah masuk dalam prompt debug, ketik perintah berikut:

Masuk ke mode DOS setelah muncul prompt DOS c:\> ketikkan DEBUG seperti ini
c:\>DEBUG
Untuk selanjutnya ketikkan
o 70 2e
o 71 ff
Q
Pada layar monitor akan terlihat seperti dibawah ini c:\>DEBUG
-o 70 2e
-o 71 ff
-Q
setelah mengetikkan Q anda akan keluar dari debug yang menandakan anda sudah selesai. Selanjutnya Restart komputer anda, tekan DEL dan SELAMAT anda sudah bisa masuk ke BIOS.
Untuk AMI/AWARD BIOS
O 70 17
O 71 17
Q
Untuk PHOENIX BIOS
O 70 FF
O 71 17
Q
GENERIK berlaku untuk semua mother board AT (board XT tidak punya CMOS)
O 70 2E
O 71 FF
Q

Keterangan: Karakter pertama adalah huruf O bukan angka 0.
Setelah melakukan perintah – perintah di atas, Restart komputer untuk melihat hasilnya. Selamat bekerja.

3. Menjebol Password Bios Dengan Melepas Baterai CMOS
Cara yang paling ampuh dan paling cepet menurut AnE adalah dengan cara melepas Baterai CMOS saja daripada anda memasukkan satu persatu karakter seperti teknik di atas. Teknik ini 99% dijamin berhasil karena telah AnE coba dari berbagai tipe motherboard.

Tapi bagaimana dengan masalah garansi?

Biasanya kalo stiker yang ada di baterai CMOS udah rusak, maka garansi akan hilang. Iya kalo garansi nya udah habis ato cuman sebentar. Tapi bagaimana dengan garansi mobo yang sekarang bisa sampai 5 tahun? Yaw Solusinya meding garansiin saja… kan masih ada tuh garansinya

Trik melapas Baterai CMOS bisa anda praktekkan jika garansi motherboard tidak ada atau mungkin anda tidak memperdulikan masalah garansi.

Cara prakteknya : Lepas Baterai Cmos kemudian hidupkan komputer tanpa baterai dan coba masuk ke Bios. Jika belum berhasil matikan komputer dan tunggu 10 menit dan kemudian hidupkan lagi tanpa baterai dan coba masuk ke Bios.

Cara yang lebih tokcer adalah, silahkan lepaskan baterai Cmos ketika komputer dalam keadaan hidup, dan kemudian matikan komputer dan hidupkan kembali tanpa baterai…dijamin tuhhh password Bios bakalan ilang. Tetapi kekurangannya adalah baterai Cmosnya tadi langsung drop (alias habis) dan anda diharuskan mengganti baterai yang baru. Semoga berhasil!!!

Penulis : d!k

1 komentar:

  1. Gan untuk mengetahui Current Password dari Bios kita silahkan kunjungi http://www.materi-it.com/2014/10/cara-mengatasi-current-password-bios.html, ini cara yang saya lakukan ternyata bisa dan memang password bios dari setiap perangkat sudah tersimpan sebelumnya kita hanya tinggal mencarinya. di tunggu KUBAnya gan :)... makasih gan...

    BalasHapus