Anti Twin - Software Pencari File Kembar


Terkadang kita memiliki ke-khawatiran terhadap pemborosan space (ruang) Hard Disk yang terbuang secara sia-sia. Kekhawatiran itu timbul lantaran kita memiliki ribuan file di dalam Hard Disk, dan file-file tersebut tidak tertata secara rapi. Pemborosan yang dikhawatirkan adalah adanya file-file ganda (kembar) di dalam Hard Disk sehingga menyebabkan berkurangnya space yang semestinya masih dapat digunakan untuk menyimpan file-file penting lain. Nah, berdasarkan problem seperti itulah maka tim kreatif Java Creativity berbagi trik untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya pemborosan space Hard Disk yang disebabkan oleh adanya file kembar.

Pada, trik kali ini kita menggunakan aplikasi yang bernama Anti-Twin. Aplikasi ini berguna untuk mendeteksi adanya file dengan spesies Upin Ipin (kembar) ^_^ yang bercokol di dalam Hard Disk. Selain mendeteksi, aplikasi ini juga mampu menghapus file-file kembar tersebut, sehingga hanya akan ada satu file tunggal (tanpa ada file kembaran dengan jenis maupun detil yang serupa). Yang pada akhirnya akan menghemat space Hard Disk kita.

Untuk mencicipi manfaat dari aplikasi ini tentu saja Anda download terlebih dahulu file installer Anti-Twin yang berbentuk .zip pada link di bawah. Setelah aktivitas download selesai, ekstrak file .zip tersebut dengan menggunakan aplikasi sebangsa WinRar atau WinZip. Jangan lupa menggunakan password www.javacreativity.com untuk proses pengekstrakannya. Nah, sekarang Anda sudah siap untuk melakukan ritual selanjutnya, yaitu proses instalasi. Adapun proses instalasi dari aplikasi ini sangatlah mudah dan cepat, hanya membutukan beberapa detik saja.

Cara penggunaan aplikasi ini yaitu... Pertama, jalankan aplikasi ini melalui shortcutnya yang ada di desktop ataupun start menu. Klik tab Start Search untuk memulai proses pendeteksian. Pada kolom Basic Folder digunakan sebagai tempat yang nantinya akan dideteksi kemungkinan adanya file ganda. Klik tombol Select Folder untuk menentukan folder, direktori, ataupun drive yang akan dideteksi. Selain itu, Anda pun dapat mendeteksi adanya file ganda dalam dua folder, direktori, ataupun drive sekaligus. Caranya, berikan tanda ceklis pada 2nd folder yang terletak tepat di bawah kolom Basic Folder, kemudian lakukan proses ritual yang sama seperti pada kolom Basic Folder. Klik tombol Search for duplicate files untuk memulai proses pendeteksian. Sementara aplikasi sedang menjalankan tugasnya untuk mendeteksi adanya kemungkinan file kembar hingga selesai. Anda dapat pergi ke dapur untuk membuat secangkir kopi ataupun semangkuk mi instan... ^_^

Kemudian, setelah proses pendeteksian selesai maka akan ditampilkan hasilnya secara otomatis di tab Result. Nah, untuk mulai menghapus file-file ganda yang Anda perkirakan kurang penting serta mengurangi kapasitas space Hard Disk, klik icon berbentuk kotak kecil berwarna hijau yang terletak di depan file yang ingin Anda hapus, klik icon tersebut hingga berubah warnanya menjadi merah dengan corak berbentuk X. Lakukan hal yang sama terhadap file-file lain sesuai keinginan Anda. Jika sudah, klik tombol Delete selected files, maka Anda akan diberikan beberapa pilihan dalam metode penghapusan file. Pilih sesuai dengan kehendak Anda. Klik Yes. Beres.....


Silahkan Download Instalasi Anti-Twin Disini

Password: www.javacreativity.com



Penulis : Alfen

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...