64 Bit Checker - Software Untuk Mendeteksi Win 32 / 64 Bit


Ketika akan mendownload/mengunduh aplikasi/software untuk Windows, terutama software/aplikasi buatan Microsoft sendiri, seperti: Internet Ekplorer (IE), Microsoft Security Essential (MSE) dsb. biasanya akan dihadapkan pada pilihan versi Windows yang digunakan, seperti: Windows XP, Vista dan 7, juga pilihan edisi, seperti: 32-bit atau 64-bit. Namun, rata-rata versi Windows yang kita gunakan tidak disertai keterangan, apakah edisi 32-bit atau 64-bit. Tentunya hal ini, khususnya bagi yang awam sangat membingungkan bukan?.

Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada dasarnya mengacu pada teknologi pemroses (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasi. Dengan kata lain, Windows 32-bit dan 64-bit mengacu pada kemampuan processor yang dapat menjalankan jenis Windows ini. Windows 64-bit hanya dapat diinstall pada komputer yang processornya yang sudah mempunyai kemampuan 64-bit dan Windows 32-bit dapat diinstall baik pada processor dengan kemampuan 32-bit maupun 64-bit.

Kemudian, perbedaan versi 32-bit dan 64-bit pada software/aplikasi Windows ini juga mengacu pada edisi Windows yang digunakan, apakah Windows 32-bit atau 64-bit. Software/aplikasi yang didesain untuk Windows 64-bit hanya bisa digunakan pada Windows 64-bit, sedangkan software/aplikasi yang didesain untuk Windows 32-bit masih mungkin bisa digunakan pada Windows 64-bit tetapi tidak berlaku untuk semua software/aplikasi. Dan pilihan yang tepat dalam memilih software/aplikasi adalah menyesuaikan dengan jenis Windows yang digunakan. Jika tanpa disertai keterangan atau informasi untuk 32-bit atau 64-bit, umumnya software/aplikasi yang beredar saat ini ditujukan untuk Windows 32-bit.

Lalu, sebenarnya apa sih perbedaan antara 32 bit dengan 64 bit?? Windows 64-bit mempunyai kemampuan lebih dibandingkan dengan windows 32-bit. Sebagai contoh, yang 32-bit biasanya hanya bisa mendeteksi memori tidak lebih dari 3-4GB. Tapi kalo yang 64-bit, bisa mendeteksi memori lebih dari itu. Selain itu, 64-bit dapat memproses data lebih cepat dan performa komputer menjadi lebih baik. Namun, kekurangannya untuk saat ini adalah masih banyak program/aplikasi/software yang kompatibilitasnya kurang bagus dengan sistem 64-bit. Biasanya yang memakai 64-bit itu adalah para desainer grafis, para editor video dan audio atau komputer yang kesehariannya digunakan untuk merender karena pada umumnya mereka memakai memori lebih dari 4 GB untuk mendukung kinerja aplikasi/software yang dipakai.

Kesimpulannya, mana yg lebih baik antara 32-bit dan 64-bit?. Ehhhmmm.... Itu tergantung kebutuhan saja.

Untuk mengetahui apakah Windows yang digunakan adalah 32-bit atau 64-bit, salah satu cara yang paling mudah adalah menggunakan sebuah software yang sangat kecil sekali namun mempunyai manfaat yang begitu besar.

64bit Checker. Dengan software ini kita bisa mengetahui, berapa bit Windows yang dipakai dalam suatu komputer, dan mampu mendeteksi Processor mendukung atau tidaknya terhadap sistem operasi 64 bit. Selain itu juga hasilnya dapat disalin di Clipboard dan disimpan dalam bentuk txt ataupun html.

Cara penggunaannya sangatlah mudah, cukup anda download kemudian ekstrak dan jalankan. maka akan langsung diperlihatkan Windows yang anda gunakan 32 ataukah 64 bit dan pada kotak Processor akan diberikan keterangan apakah CPU anda support ataukah tidak menggunakan 64 bit.


Silahkan Download Software 64 Bit Checker Disini.

Password : www.javacreativity.com




0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...