Mendownload File Torrent Dengan Bit Torrent

Sebelum anda melakukan download menggunakan torrent alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa itu torrent dan bagaimana cara kerjanya.
Torrent merupakan sebuah sistem download yang tak mempunyai server tetap (server dedicated) atau yang lebih dikenal dengan istilah peer 2 peer. Semua orang yang mendownload file ini secara otomatis akan menjadi server juga lebih tepatnya yang dilakukan torrent ini adalah berbagi file dari satu komputer ke komputer lainnya yang terhubung dengan jaringan Internet.

Untuk mendownload file torrent ada dua tahapan yang perlu dilakukan. Pertama yaitu mengambil file .torrent atau file informasinya saja. Selanjutnya tahap kedua yaitu saat file .torrent tersebut dibuka di torrent client seperti Āµtorrent, maka aplikasi tersebut akan mendownload file aslinya secara otomatis.

Ada dua hal yang perlu anda ketahui di dalam pendownloadan file .torrent yakni Seeder dan Leecher. Seeder merupakan orang-orang yang sudah rampung alias ‘hatam’ 100% dalam mendownload. Sedangkan Leecher adalah orang yang masih melakukan kredit atau belum selesai downloadnya ^_^. Mungkin anda betanya-tanya lantas ada apa dengan kedua orang ini? Jawabannya adalah kedua orang ini akan membantu anda dalam menentukan apakah file .torrent yang akan anda download memiliki speed yang cukup atau tidak. Jika Seeder dari file tersebut banyak maka kemungkinan bagi anda untuk sukses download semakin besar, sebaliknya jika sedikit seeder atau bahkan tak ada sama sekali maka jangan harap anda bisa merampungkan download anda.

Anda dapat mengecek jumlah Seeder dan Leecher dari sebuah file torrent pada website khusus torrent seperti thepiratebay.org, mininova.org torrentz.com dan isohunt.com.
Mungkin anda bertanya-tanya darimana file .torrent itu berasal dan bagaimana cara untuk mendapatkannya. Jawabannya adalah Search Engine. Berbeda dengan Google search engine yang dimaksud bukanlah search engine umum melainkan search egine khusus untuk torrent. Anda dapat mencoba beberapa pilihan berikut BTJunkie, Demonoid, FlixFlux, isoHunt, Mininova, Seedpeer, ShareReactor, Suprnova.org, The Pirate Bay, Torrentz, yourBittorrent, YouTorrent, Monova. Lebih jelasnya, silahkan baca buku yang berjudul 10 Mesin Pencari Paling Dahsyat.

BitTorrent merupakan software yang ditemukan oleh Bram Cohen dan perusahaannya yang bernama BitTorrent, Inc. Software yang pertama kali dirilis pada tanggal 2 Juli 2001 ini mempunyai fungsi penting dalam Upload dan Download file .torrent via BitTorrent Protocol. BitTorrent seklaigus menjadi tonggak sejarah perkembangan software client lainnya. Ketika menginjak pada versi 6.0 BitTorrent diubah menjadi utorrent dan merilisnya sebagai software berlisensi open source. Hingga saat ini BitTorrent sudah mencakup kaum Windows, Linux dan Mac pada versi 7.0 yang dirilis pada 28 Agustus 2010.
  • Untuk menggunakan software ini, anda perlu mendownload dan menginstalnya terlebih dahulu.
  • Untuk mendownload sebuah file torrent ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan menggunakan icon New lagi tetapi langsung dari browser yang digunakan.
  • Buka website penyedia file torrent seperti thepiratebay, monova, mininova, dan sebangsanya dengan browser anda. Usahakan menggunakan firefox atau opera. Untuk contoh, saya memilih moova.org karena disinyalir situs ini adalah penyedia torrent terbesar.
  • Sesudah halaman monova terbuka secara sempurna, masukkan torrent yang ingin anda cari pada kotak pencarian. Kemudian klik Search untuk memulai pencarian.
  • Setelah hasil pencarian ditampilkan, pilih torrent yang keluar pada bagian bawah. Klik salah satu file torrent yang ingin anda download.
  • Selanjutnya klik Download via Torrent untuk memulai proses download.
  • Muncul jendela download dari browser pilih open with : BiTtorrent (default) untuk mengalihkan proses download pada BitTorrent. Klik OK.
  • Selanjutnya akan ditampilkan isi dari file torrent yang akan anda download dan lokasi penyimpanannya. Pilih file atau folder mana saja yang ingin anda download serta lokasi dimana anda akan meletakkan hasil download dari isi file torrent tadi. Klik OK.
  • Tunggulah hingga proses download selesai, ya.. kira-kira 1-3 hari mungkin juga 1 minggu atau 1 bulan tergantung pada kecepatan anda saat mendownload ^_^. Mungkin anda terkejut mendengarnya, apakah komputer saya harus dinyalakan sambil menunggu selama itu? Tentu saja tidak, anda dapat menghentikan proses download kapan saja anda mau dan meneruskannya lagi tanpa mengulang dari awal setiap saat. Untuk menghentikan proses download, klik Pause dan untuk melanjutkan kembali klik Start.


Silahkan Download Bit Torrent Disini



0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...