Bisnis Affiliate Marketing

Affiliate Marketing merupakan salah satu model Bisnis Internet yang cukup populer. Banyak para pakar Internet Marketing menyarankan bagi pemula untuk terjun di dunia Afiliate Marketing, dengan alasan lebih mudah dilakukan dan cepat menghasilkan dibanding dengan model bisnis Internet lainnya.

Mengenai definisinya, Affiliate Marketing adalah sebuah proses pemasaran di Internet untuk menjualkan produk-produk milik orang lain. Dan nantinya apabila terjadi penjualan dari usaha marketing tersebut maka affiliate marketer tersebut (orang yang menjalankan bisnis affiliate) akan mendapatkan komisi yang besarnya biasanya ditentukan oleh pemilik produk atau merchant.

Sederhananya, Affiliate marketing di dunia nyata biasa disebut dengan makelar atau perantara. Bila di dunia nyata seorang makelar biasa mendapatkan komisi 1%-10%, di dunia bisnis internet seorang “makelar online” atau affiliate marketer biasa mendapatkan komisi rata-rata 25%-60% dari setiap produk informasi yang berhasil dia jual ! Mantab kan?

Jadi dengan adanya bisnis Affiliate Marketing ini anda bisa merasa lega karena tidak perlu membuat dan merancang produk lagi, tugas anda hanyalah ikut memasarkan produknya orang lain dan jika laku maka anda akan mendapat bayaran.

Lalu bagaimana cara kerja affiliate marketing ?

Menjalankan bisnis affiliate marketing di Internet selain memiliki potensi penghasilan yang besar, proses pemasarannya pun jauh lebih mudah dibandingkan dengan bisnis makelar konvensional. Bila anda menjalankan bisnis affiliate marketing di Internet, tugas anda adalah mendatangkan kunjungan sebanyak-banyaknya ke website merchant yang menjual sebuah produk.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan diagram dibawah ini.

Tugas pertama anda adalah mencari pengunjung atau visitor sebanyak-banyaknya ke website merchant. Caranya dengan melakukan berbagai kegiatan promosi. Bisa menggunakan promosi berbayar seperti menggunakan ppc, google adword, iklan banner, dsb.

Namun tentu saja dari sekian banyak cara promosi tidak semua memiliki tingkat efektifitas yang sama, karena semua tergantung dari produk apa yang anda jual dan target marketnya.

Setelah anda melakukan kegiatan promosi, lalu pengunjung dari hasil promosi anda melakukan pembelian di website merchant, maka anda akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan (yang biasanya ditentukan oleh merchant dari awal.

Lalu pertanyaanya, dari mana pemilik website atau merchant tahu bahwa pengunjung tersebut datang dari anda ? Begini, sebelum memasarkan produk merchant, anda nantinya akan diberikan sebuah link khusus atau biasa dikenal dengan istilah “affiliate link” oleh merchant. Affiliate link inilah yang nantinya memberitahukan sistem pada website merchant bila ada penjualan, siapa affiliate yang telah berhasil melakukan penjualan tersebut.

Sebenarnya bentuk affiliate link tidak berbeda jauh dengan link website merchant tersebut, bedanya hanya ada tambahan kode affiliate di belakang alamat website.

www.ProdukAffiliateMerchant.com/?id=AffiliateID

Link inilah yang nantinya anda promosikan. Jadi intinya cara kerja affiliate marketer adalah mengirimkan pengunjung sebanyak-banyaknya ke website merchant menggunakan affiliate linknya.

Bagaimana ? Sederhana kan cara kerja affiliate marketer ?

Memang sederhana, tetapi juga tidak semudah yang anda bayangkan. Banyak orang-orang yang gagal menjadi affiliate marketer karena merasa bisnis affiliate ini sangat mudah. Padahal bisnis affiliate marketing membutuhkan proses belajar juga agar bisa sukses.

Lalu, produk siapa nih yang akan saya pasarkan ? pertanyaan yang bagus. Anda tentu sering mendengar kata Amazon, ya...tepatnya www.amazon.com. Merupakan sebuah situs Toko Online terbesar di dunia, anda bisa mengikuti program affiliasi dari amazon ini. Selain Amazon, sebenarnya masih banyak lagi situs yang menyediakan fasilitas Affiliate seperti Clickbank, dan lainnya.



0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...